Ekonomi

Cuti Bersama Tak Boleh Potong Jatah Cuti Tahunan, Simak Aturan Barunya

Cuti Bersama Tak Boleh Potong Jatah Cuti Tahunan, Simak Aturan Barunya

Liputan6.com, Jakarta - Pekerja atau mendapatkan kepastian mengenai hak melalui Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Ketenagakerjaan. Dalam aturan tersebut, perusahaan yang menerapkan yang ditetapkan pemerintah pusat tidak boleh mengurangi jatah cuti tahunan pekerja.

Dikutip dari aturan tersebut, Senin (9/11/2026), ketentuan ini tercantum dalam Pasal 118 ayat (6). UU Nomor 27 Tahun 2026  secara tegas menyatakan pelaksanaan cuti bersama tidak mengurangi hak cuti tahunan pekerja atau buruh.

Sementara itu, Pasal 118 ayat (5) mengatur pekerja berhak mendapatkan cuti tahunan paling sedikit 12 hari kerja setelah bekerja selama 12 bulan secara terus-menerus.

Artinya, jatah cuti tahunan tersebut tetap menjadi hak pekerja dan tidak boleh dipotong hanya karena perusahaan menerapkan cuti bersama pemerintah.

UU ini juga mengatur bahwa pelaksanaan cuti tahunan dapat diatur lebih lanjut dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.

Selain cuti tahunan, perusahaan wajib memberikan waktu istirahat kepada pekerja. Ketentuannya meliputi istirahat sekurang-kurangnya setengah jam setelah bekerja selama empat jam berturut-turut, serta istirahat mingguan satu hari untuk enam hari kerja atau dua hari untuk lima hari kerja dalam satu minggu.

Pekerja juga mendapatkan hak istirahat panjang selama 30 hari kalender setelah bekerja secara terus-menerus selama lima tahun atau kelipatannya.

Namun, pekerja yang mengambil istirahat panjang tersebut tidak berhak atas cuti tahunan pada tahun berjalan.

Ketentuan ini menjadi salah satu bentuk pengaturan hak istirahat dan cuti yang perlu diperhatikan perusahaan dalam menerapkan kebijakan ketenagakerjaan.